Selamat datang ...
Website Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Tengah. Website ini sebagai sarana publikasi untuk memberikan Informasi dan gambaran Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Tengah dalam melaksanakan program dan kegiatan. Melalui keberadaan website ini kiranya masyarakat dapat mengetahui seluruh informasi tentang Kebijakan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah didalam melayani masyarakat.
  • SELAMAT ATAS PELANTIKAN GUBERNUR DAN WAKIL GU...

    Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Tengah Mengucapkan Selamat dan ....
  • Jalan Sehat, Sepeda Santai dan Senam Jantung ...

    Dalam rangka Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Dinas Lingkungan ....
  • Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2021...

    Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau Word Environment Day diperingati seti....
  • Penyerahan Sertifikat Program Penilaian Perin...

    Penyerahan Sertifikat Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (Pr....
  • Vaksinisasi Bidang Keuangan Dinas Lingkungan...

    Vaksinasi adalah proses pemberian vaksin ke dalam tubuh. Bila seseorang ....
KALENDER
LOGIN ADMIN
Visi dan Misi
Share This Articel on :

Visi dan Misi

A. Visi

Dalam rangka mewujudkan hak masyarakat untuk mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat sebagai mana amanah dari Undang Undang Lingkungan Hidup No. 32 tahun 2009, serta untuk mendukung Visi pembangunan Sulawesi Tengah yaitu “Sulawesi Tengah Sejajar Dengan Provinsi Maju di Kawasan Timur Indonesia dalam Pengembangan Agribisnis dan Kelautan Melalui Peningkatan Kualitas Sumberdaya Manusia yang Berdaya Saing Tahun 2020”., maka Visi pengelolaan lingkungan hidup di Sulawesi Tengah adalah: ““Menjadi lembaga yang mampu mendorong semua pihak dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dan sumber daya alam secara berkelanjutan.

Visi tersebut mengandung pengertian yang luas  dan kompleks antara lain sebagai berikut :

1.  Menjadi lembaga yang mampu mendorong semua pihak diartikan Badan Lingkungan Hidup Daerah Provinsi Sulawesi Tengah secara bertahap akan menjadi lembaga yang strategis dan berperan penting dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dan sumber daya alam secara berkelanjutan.

2.  Perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup adalah upaya sistematis dan terpadu yang dilakukan untuk melestarikan fungsi lingkungan hidup dan mencegah terjadinya pencemaran dan/atau kerusakan lingkungan hidup yang meliputi perencanaan, pemanfaatan, pengendalian, pemeliharaan, pengawasan, dan penegakan hukum.

B. Misi

Mengingat bahwa permasalahan lingkungan merupakan suatu permasalahan kompleks yang ditimbulkan oleh berbagai aktivitas manusia baik aktifitas yang terorganisir dalam skala besar seperti kegiatan industri dan kegiatan usaha yang lain, maupun permasalahan sosial kemasyarakatan yang tidak terorganisir namun sudah menjadi bagian dari pola hidup masyarakat karena terkait dengan faktor ekonomi dan sosial budaya seperti penebangan hutan secara liar, pembuangan sampah secara sembarangan, emisi kendaraan bermotor dan lain lain, serta lemahnya kontrol dari pihak pemerintah sehingga mengakibatkan adanya pemanfaatan lahan yang tidak sesuai dengan peruntukannya maka penyelesaian masalah tidak akan dapat terwujud tanpa adanya kerja sama dan partisipasi dari semua pihak.

Kualitas lingkungan hidup saat ini relatif masih rendah dan keberadaan sumber daya alam yang mengalami banyak kerusakan maka salah satu cara untuk mewujudkan lingkungan hidup yang baik dan sehat adalah melalui upaya peningkatan kualitas lingkungan dan pelestarian sumber daya alam.

Misi  Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Tengah merupakan  kemauan yang kuat dari masyarakat  dan  Pemerinta Daerah  untuk mewujudkan  kondisi yang diinginkan  pada akhir  kurun waktu  pembangunan lima tahun kedepan, memuat  kegiatan  yang akan  dilaksanakan  dan tujuan  yang harus  dicapai  sebagai persyaratan  keberhasilan  terwujudnya  suatu visi.

Untuk mewujudkan  Visi tersebut  diatas, maka Misi Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2011-2016 adalah sebagai berikut :

1.  Peningkatan Pengendalian Pencemaran, Kerusakan Lingkungan dan  Konservasi  Sumber Daya Alam dengan pelibatan peranserta masyarakat dalam rangka pembangunan  berkelanjutan yang berwawasan  lingkungan. 

2.  Peningkatan keselarasan, keserasian, keseimbangan antara aktivitas pembangunan dengan daya dukung dan daya tampung lingkungan.

3.  Penguatan kapasitas, data dan kelembagaan lingkungan hidup.

4.  Peningkatan Peranserta masyarakat melalui pengembangan sumber daya manusia yang handal dan profesional di bidang lingkungan hidup.

5.  Penegakkan dan penaatan hukum lingkungan.

PENGUMUMAN TERBARU
AGENDA TERBARU
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 4368 kali